Keutamaan Air bagi Alam Semesta dalam Al-Qur’an

 

Oleh: Lutfiana Fitri

Air merupakan salah satu kandungan senyawa yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini. Dalam sebuah penelitian dijelaskan, bahwa 72% komponen dari bumi adalah air. Selain itu, 60-70% kandungan dalam tubuh manusia juga merupakan unsur air. Sehingga supaya metabolisme tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi, kita harus memenuhi asupan air yang cukup, yakni sekitar 2-3 liter per harinya.

Keutamaan air bagi alam semesta telah dijelaskan dalam QS. al-Anbiya’ [21]: 30, sebagai berikut:

أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَٰهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ ٱلْمَآءِ كُلَّ شَىْءٍ حَىٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Dalam tafsir ‘ilmi, ayat ini menjelaskan bahwa asal muasal kehidupan adalah dari air. Air merupakan komponen utama agar makhluk di bumi ini dapat melanjutkan kehidupannya. Bagaimana tidak? Penciptaan makhluk hidup di bumi saja itu dari air.

Faktanya, setiap kehidupan berasal dari kondisi akuatik. Hal ini dapat diamati dari kondisi persentase sebesar 50%-90% berat makhluk hidup di bumi yang mengandung unsur air, sehingga air dapat dikatakan sebagai komponen utama bagi setiap makhluk hidup. Air membawa pengaruh besar bagi kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan. Air juga digunakan terus menerus digunakan dari zaman dahulu hingga sekarang tanpa berhenti.

Sampai sini timbul pertanyaan, “Apakah air di bumi itu bisa habis?”

Faktanya, air di bumi tidak akan pernah habis. Hal ini dikarenakan adanya proses siklus hidrologi atau perputaran air yang terjadi secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi lagi.

Fakta menarik lainnya yaitu adanya kenyataan bahwa tiga perempat bagian dari bumi ini ialah lautan. Terdapat pula gunung gletser, gunung es di kutub utara dan selatan, danau, sungai dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bumi ini memiliki banyak air (H2O) yang melimpah yang tidak akan pernah habis.

Meskipun air tidak akan pernah habis, kita sebagai manusia yang berakal diharuskan untuk selalu menggunakan air dengan secukupnya dan tidak berlebihan. Karena terdapat banyak tempat dari belahan bumi lain yang masih kesulitan untuk mendapatkan air dan kesulitan mendapatkan air bersih. Maka dari itu, air sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Adapun manfaat dan kegunaan air bagi seluruh makhluk hidup, antara lain :

a. Bagi manusia
1) untuk sistem metabolisme dan pencernaan tubuh.
2) untuk memasak, makan, minum, mandi, mencuci, menyiram tanaman, dan membersihkan rumah.
3) untuk kegiatan pertanian dan perkebunan, seperti irigasi (mengaliri sawah dengan air). Kemudian peternakan dan pertambakan.
4) untuk kegiatan perdagangan dan jual beli, seperti di toko-tokoh, hotel, dan industri seperti pabrik dan usaha rumah tangga.
5) untuk kegiatan transportasi air, seperti macam-macam kapal dan perahu.
6) untuk cabang olahraga, seperti renang, arung jeram, selancar, dan lain-lain.
7) untuk tempat pariwisata, seperti kolam renang, sungai, danau, air terjun, laut, dan lain-lain

b. Bagi Hewan
1) untuk makan dan minum.
2) sebagai habitat beberapa makhluk hidup, seperti ikan, kepiting, kura-kura, penyu, dan lain-lain.
3) untuk membersihkan dan menjaga suhu tubuh hewan.
4) untuk mengatur tekanan darah pada hewan.
5) membantu memproduksi susu pada hewan.

c. Bagi tumbuhan
1) untuk membantu proses fotosintesis.
2) untuk membantu pergerakan tanaman.
3) untuk mengangkut zat hara dan nutrisi dari tanah.
4) untuk mendorong proses respirasi tumbuhan.
5) untuk tempat tinggal beberapa tumbuhan air.

Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa air merupakan sumber utama bagi alam semesta. Dan sudah dijelaskan dalam firman Allah QS. al-Anbiya’ [21]: 30 bahwa Ia telah menjadikan segala sesuatu yang hidup ini berasal dari air. Maka dari itu kita diperintahkan untuk selalu beriman dan selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang sudah diberikan.
Previous Post Next Post

Contact Form